Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masalah Yang Biasa Terjadi Pada Aquascape

Masalah Yang Sering Terjadi Pada Aquascape Ikan Hias Untuk beberapa aquscape pemula terdapat beberapa hal yang membuat mereka  malas untuk melanjutkan usahanya dalam membangun serta menjaga aquascape, Selain karena perawatan – perawatan yang perlu dikerjakan ada pula sebagian permasalahan yang kerap nampak waktu mulai bangun atau bikin aquascape. Memanglah dibutuhnkan ketekunan serta keseriusan waktu mengambil keputusan untuk mebuat aquascape seperti ini, nah di bawah ini bakal di uraikan beberapa masalah dalam aquascape yang sering didapati serta pemecahannya : 


Masalah Yang Biasa Terjadi Pada Aquascape


1. Ikan atau Udang Yang Mati Mendadak

Terdapat banyak hal yang dapat mengakibatkan ikan atau udang dalam aquascape anda mati dengan cara mendadak seperti perimeter air yg tidak pas atau lantaran jamur karena terdapat banyak ikan yang tidak tahan pada jamur. Bila anda meyakini keadaan tanki anda bersih, anda dapat berusaha untuk ganti air dalam tanki, dalam pergantiannya anda cukup ganti 30% isi di air serta tak perlu ganti semuanya, baiknya hal semacam ini anda kerjakan satu minggu sekali. Diluar itu untuk medapatkan air yang bersih, anda dapat juga ganti filter air yang di rasa telah kotor lantaran bila kotoran menumpuk di kertas filter jadi kerja filter juga tak dapat optimal. Hati-hati bila mencampurkan dua type ikan lantaran mungkin saja ikan yang anda tentukan yaitu predator sesama ikan. 

2. Tanaman Mati 

Nah ini adalah salah satu dari beberapa masalah dalam aquascape yang kerap didapati oleh pembuat aquascape pemula, tanaman yang meti dalam tanki aquarium anda dapat dikarenakan oleh banyak hal dari mulai konsumsi Co2 yang kurang, pencahayaan yg tidak cocok atau nutrisi yang kurang didapat oleh tanaman serta yang paling mengenaskan yaitu tanaman mati lantaran digerogoti oleh ikan yang anda pelihara dalam aquascape. Bila anda pilih untuk aquscape low light (0. 5 Watt/liter air) janganlah memakai tanaman berwarna merah serta ungu lantaran tanaman dengan warna ini bakal sulit bertahan hidup dalam tanki aquarium yang low light. Untuk memastikannya anda dapat bertanya pada penjual toko tempat anda beli tanaman itu. 

3. Serangan Hama 

Serangan hama adalah salah satu beberapa masalah dalam aquascape, untuk menghindarnya anda dapat lakukan pembersihan dengan cara teratur tanki aquarium anda agar hama tidak tumbuh atau bila telah terlanjur tumbuh, anda dapat membasminya dengan predator alami umpamanya untuk hama keong anda dapat memakai layanan ikan puffer juga sebagai predator alami keong.

Hama Siput

Ikan Pembasmi Hama

Demikianlah artikel tentang Ikan Hias yang pada kesempatan kali ini membahas tentang Masalah Yang Biasa Terjadi Pada Aquascape, semoga dengan artikel dari Ikan Hias yang membahas tentang Masalah Yang Biasa Terjadi Pada Aquascape bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Untuk koleksi kerajinan tangan lainya jangan lupa kunjungi selalu blog Ikan Hias.