Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memelihara Ikan Piranha di Akuarium

Tips Memelihara Ikan Piranha di Akuarium Ikan Piranha yaitu type ikan yang ganas, buas tanpa ada rasa takut. Bisa menghabiskan daging hewan mamalia yang terjatuh di sungai hingga cuma tulang belulang saja. 

Sesungguhnya Mitologi keganasan ikan piranha tak seutuhnya benar seperti yang didengar atau dipandang dalam film-film itu. Kurang lebih 20 an jenis ikan piranha di Amazon adalah omnivora yakni tak saja mengonsumsi daging namun juga biji-bijian dari tanaman yang tumbuh di sungai-sungai Amazon. 

Piranha dalam akuarium

Tips Memelihara Ikan Piranha di Akuarium 


Makanan paling utama piranha yaitu ikan-ikan di sungai-sungai Amazon seperti type cichlid serta catfish. Saat ukuran kecil, piranha mengonsumsi cacing, serangga juga sisik serta sirip ikan yang lebih besar. Ikan piranha kecil ini mendekati lewat cara diam-diam, ikan yang di incar serta dengan cepat menggigit sisik maupun sirip ikan itu lalu lari.. 

 Piranha yang hidup bergerombol seperti pygocentrus caribe, pygocentrus piraya umumnya mencari mangsa lewat cara berkelompok. Mencari ikan yang kurang sehat atau lemah, jadi ikan itu dengan gampang terserang tanpa ada bisa lari menjauh. 

Saat musim anak-anak burung mulai belajar terbang, umumnya piranha caribe bergerombol di bawah ranting-ranting pohon yang ada di atas air sungai. Dengan maksud menanti ada bayi burung yang terjatuh ke sungai. Sesudah mendarat di air, jadi piranha dengan cepat melahap, memangsa bayi burung hingga habis. 

Piranha yang berkelompok yakni genus pygocentrus, umumnya bakal jadi ganas jika di saat musim kering, di mana air sungai rimba Amazon jadi surut. Mengakibatkan membuat danau-danau kecil yang terpisah dari aliran sungai besar. Kelompok-kelompok piranha jadi terkurung di danau-danau kecil itu. Ikan-ikan sebagai mangsanya makin lama menyusut atau tak ada lagi yang tersisa. Situasi itu bikin grup piranha jadi kelaparan serta kanibalisme pada piranha bakal berlangsung. Ketika tersebut, jadi beresiko jika ada manusia masuk berenang ke danau itu, yang dipenuhi grup ikan piranha yang kelaparan. 

Masyarakat yang menempati sungai-sungai di Amazon telah faham situasi di mana ikan piranha bakal jadi beresiko seperti di danau-danau kecil yang ter-isolasi sewaktu musim kering serta di mana yg tidak jadi ancaman. Mereka telah punya kebiasaan mandi serta menangkap ikan di sungai-sungai Amazon tidak ada rasa kecemasan digigit. Dan 

Tips Memelihara Ikan Piranha di Akuarium


Ikan piranha sesungguhnya ikan yang gampang takut serta stress jika dipelihara di aquarium. Mungkin saja sebagian dari genus serrasalmus, seperti serrasalmus rhombeus spesimen dewasa. Menurut Hobbyist memiliki temperamen yang berani serta bakal menggigit apa saja yang masuk ke aquarium, termasuk juga jari tangan si Hobbyist. Namun itu lebih lantaran didorong oleh insting teritorialnya. Jadi mesti ber hati-hati bila akan lakukan suatu hal di bagian dalam aquarium. 

Piranha type red bellied nattereri (Pygocentrus Nattereri) yaitu yang umum dipelihara orang. Type ini tersedia banyak lantaran gampang di kembang-biakan. Nattereri umum hidup berkelompok serta bakal jadi gampang stress atau takut bila dipelihara cuma sendiri saja didalam aquarium. Dengan itu baiknya pelihara type ini kian lebih satu ekor untuk hindari ikan stress.