Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Aquaponik dan Aerogarden Jadikan Rumah Hijau

Mengenal Aquaponik dan Aerogarden Jadikan Rumah Hijau akuariumhiasku | Buat anda mungkin sudah biasa mendengar aquarium sebagai media tempat ikan hias, atau aquascape mengisi aquarium dengan tanaman air sehingga menjadi lebih indah bahkan bisa menjadi diorama dari aslinya. Nah pada kesempatan kali ini ada nama baru yaitu Aquaponik dan Aerogarden, seperti apa dan apa sih bedannya dengan aquarium dan aquascape mari simak lengkapnya di bawah ini:

Contoh Aquaponik


Aquaponik

Aquaponik yaitu system pertanian berkepanjangan yang menggabungkan akuakultur serta hidroponik dalam lingkungan yang berbentuk simbiotik. Dalam akuakultur yang normal, ekskresi dari hewan yang dipelihara bakal terakumulasi di air serta tingkatkan toksisitas air bila tak dibuang. 



Dalam aquaponik, ekskresi hewan diberikan pada tanaman supaya dipecah jadi nitrat serta nitrit lewat sistem alami, serta digunakan oleh tanaman juga sebagai nutrisi. Air lalu bersirkulasi kembali pada system akuakultur. 

  Lantaran system hidroponik serta akuakultur sangatlah bermacam bentuknya menyebabkan system akuaponik juga jadi sangat bermacam dalam soal ukuran, kerumitan, type makhluk hidup yang ditumbuhkan, dan sebagainya. 

Aerogarden 

Suatu perusahaan di Amerika Serikat, Aerogrow, sukses meningkatkan Alat yang mutakhir untuk bertanam. Alat ini diberi nama Aerogarden. Aerogarden yaitu satu diantara alat yang bisa mengubah manusia dalam soal bercocok tanam. 
Ya, Aerogarden ini dapat disebut lebih unggul dari pada pot tanaman yang umum kita jumpai, serta dapat di taruh didalam serta luar rumah. Tanaman Hias, atau Sayuran, dapat ditanam di sini. 

Mengenal Aquaponik dan Aerogarden Jadikan Rumah Hijau


1. Mini Aquaponik 

Mini Aquaponik merupakan suatu jalan keluar atau solusi bagi anda yang memiliki rumah sempit bisa di bilang minimalis, lantaran Mini Aquaponik tak memerlukan ruangan yang besar.

System perputaran aquaponik


Konsep dan struktur dari Mini Aquaponik cukup sederhana. Air beserta kotoran ikan dari budidaya ikan disalurkan pada tanaman lantaran memiilki banyak nutrisi yang diperlukan oleh tanaman sedangkan jika dibuang bakal jadi limbah yang tidak berguna. Tanaman bakal menyerap nutrisi di air serta kotoran ikan tadi. Dan sebagai gantinya, tanaman bakal memberi oksigen pada ikan lewat air yang datang dari budidaya ikan. Hingga kita tidak butuh menganti air setiap hari atau terlalu sering agar ide dari go green terlaksana.

Mini Aquaponik

Mini Aquaponik 

Bahkan bisa juga loh di letakan di tempat kerja selain sebagai penyerap udara panas dari CPU fungsi lainya bisa menjadi penghias meja kerja anda.

Aquaponik penghias kantor


2. Aerogarden 


Perusahaan asal Amerika Serikat, AeroGrow International, sukses bikin pot ajaib yang dapat menumbuhkan tanaman dengan subur. Pot itu bernama AeroGarden. Ia dapat mengatur sendiri langkah pengairan serta pemberian nutrisi pada tanamannya. 

Model Aerogarden


Langkah pengoperasiannya sangatlah sederhana. Para pengguna pot canggih ini cukup memasukkan bibit tanaman ke suatu wadah khusus, lantas meletakkannya didalam pot AeroGarden. Pot ini lalu ditempatkan di suatu tangki penampungan. 



Lantas, hubungkan pot ke sumber listrik. Mesin processor AeroGarden bakal segera mengatur banyak sinar yang diperlukan tanaman, mengatur system pengairan, berikan nutrisi, dan berikan peringatan pada yang memiliki jika persediaan air serta kapsul nutrisi di ruangan penampungan sudah habis. 



Kunci kesuksesan cara tanam seperti itu yaitu bebas dari ketergantungan pada tanah. Pada pertanian umum, tumbuhan mesti berusaha keras sendiri dalam mencari sumber air serta nutrisi. Alhasil, alih-alih memerhatikan kwalitas buah atau daun, daya tumbuhan habis di akar. 

Diluar itu, sebagian tes yang sudah dikerjakan oleh Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA), umpamanya, temukan bahwa cara aeroponik dapat dibuktikan juga sebagai cara paling unggul diantara beragam system pertanian sekarang ini. 

Tidak cuma kurangi bobot pot serta tanaman (dengan kurangi nyaris seputar 95 % air maupun tanah), ia juga dapat sediakan 82 % biomassa juga sebagai makanannya. Diluar itu, cara ini cuma memakai nutrisi organik, hingga bebas dari pestisida.

Berikut ini adalah beberapa contoh tanaman dari Aerogarden

1. Tanaman Aerogarden Strawberry

2. Tanaman Aerogarden Tomat



3. Tanaman Aerogarder Bonsai

Mengenal Aquaponik dan Aerogarden Jadikan Rumah Hijau


Grove Ecosystem menurut saya adalah paduan dari aquaponik dengan aerogarden yang memiliki system taman rumah automatis yang sangatlah menarik untuk dlihat. The Grove yaitu suatu rak yang terbagi dalam tiga susunan yang fungsinya pada setiap rak berbeda. Susunan atas yaitu daerah untuk brcocok tanam herbal serta buah-buahan kecil seperti strawberry, tomat serta paprika kecil yang ditanam. Spektrum penuh, lampu LED sesuai memberi sinar serta automatis untuk mengikuti matahari. 



Pada tingkat menengah yaitu tempat untuk bibit kecil bisa bertumbuh menjadi tanaman hias seperti rumput, bunga serta lain juga sebagai nya. 



Tingkat bawah yaitu tangki ikan dengan ukuran 25 galon. Tangki ikan yaitu sejenis jantung dari system, sediakan air serta pupuk untuk tanaman. Limbah kotoran dari ikan serta amonia jadi nitrat untuk tanaman, sedang tanaman sediakan air bersih kembali pada tangki ikan. Ini membuat ekosistem penuh dimana tanaman serta ikan sama-sama berguna satu dengan yang lain. 

Bagaimana cukup mudah bukan dengan memanfaatkan sisa ruang yang ada dapat maksimal hasilnya. Semoga dengan anda mengaplikasikan ide ini dapat membuta rumah anda menjadi lebih go green.


Demikianlah artikel dari blog akuariumhiasku yang pada kesempatan kali ini membahas tentang Mengenal Aquaponik dan Aerogarden Jadikan Rumah Hijau semoga dengan mambaca artikel ini dapat menambah ide anda untuk lebih go green di sekitar anda.


referensi :

kaskus(dot)co(dot)id