Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Mudah Merawat Ikan Discus



Cara Mudah Merawat Ikan Discus (akuariumhiasku) | Ingin memelihara ikan discusikan discus kan sulit perawatannya!. Banyak sebagian pencinta ikan hias terutama yang ingin mulai memelihara jenis ikan ini mengatakan demikian. Walaupun sesungguhnya tidak terlalu sulit memeliharanya, pemeliharaan ikan discus ini sama seperti ikan hias umumnya. Tak membutuhkan ketrampilan khusus dan perawatannya terbilang mudah. Yang perlu kita ketahui adalah bagaimana dan di dalam kondisi bagaimana ikan discus itu bisa hidup dan apapun yang perlu kita ketahui untuk memulai memelihara ikan ini.

Seperti ikan-ikan hias pada umumnya, letak keberhasilan merawat ikan discus adalah penanganan yang benar. Ikan discus adalah ikan yang membutuhkan kondisi di dalam akuarium yang stabil, karena jika kondisi lingkungan tidak stabil ikan ini sangat sensitif, ikan discus sangat peka terhadap hal yang asing baginya. Untuk membuat kondisi yang stabil untuk ikan discus, ada langkah serta beberapa cara yang perlu kita cermati sebelum memelihara si ikan cakram ini.

Belilah ikan discus di tempat yang diakui/benar. Jangan sampai sekali-kali beli ikan discus disembarang tempat. Lantaran apabila kita beli di tempat yang benar, lantaran harga ikan ini cukup mahal maka dari itu kita mesti bisa dapat beroleh ikan yang kondisinya baik. Di tempat itu kita bisa berkonsultasi bagaimana memelihara ikan discus yang baik dan benar.

Siapkan akuarium yang sudah diisi air beserta filter di dalam kondisi hidup. Air yang ada di dalam akuarium harus diendapkan sedikitnya 24 jam. Maksudnya untuk mengurangi kejenuhan. air yang belum diendapkan di khawatirkan terus mempunyai kandungan bakteri ataupun penyakit lain yang dapat menggangu hidup ikan. Yg tidak kalah penting jangan sampai menggunakan air sumur atau secara langsung, karena air sumur banyak mempunyai kandungan zat besi yang tinggi dan tak baik untuk perubahan ikan discus.

Suhu air harus ada pada posisi 30 – 32 derajat celcius. Di bawah angka itu, ikan discus bisa kehilangan ketahanan badan. discus bisa mudah terserang penyakit yang dapat menyebabkan kematian ikan. Suhu terlalu tinggi juga mengakibatkan ikan discus ini tak bertahan lama. Heater harus selalu di dalam kondisi on.

Kebersihan akuarium harus selalu dijaga dengan baik. Karena itu 1 minggu sekali air harus diganti. Pergantian air hanya perlu 40 – 50 % volume air akuarium. Air di dalam akuarium beserta perlengkapan filter harus bersih. Masing-masing pergantian air, masukkan garam ikan beberapa 1 sendok makan. pergantian air sendiri ditangani untuk singkirkan sisa-sisa kotoran seperti lendir ikan. Lendir yang tersisa sangat mudah mengakibatkan bakteri ataupun penyakit.

Jangan sampai terlalu banyak memberikan obat-obatan di dalam dosis tinggi. Apabila ikan discus terkena penyakit pemberian obat yang salah, tidak cuma jadi menyembuhkan tetapi bisa menyebabkan keracunan pada ikan. Baiknya jika ikan kita sakit tanyakan pada penjual area anda beli ikan.



Pemberian pakan pada discus, sebaiknya pakan yang halus, lantaran pencernaan ikan discus lebih kecil dibandingka dengan ikan hias lain. Jika diberikan makanan yang kasar pencernaan ikan discus bisa terganggu. 

Semoga informasi tentang cara mudah merawat ikan discus dapat menambah informasi dan wawasan untuk anda