Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Budi Daya Ikan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra
Cara Budidaya Ikan Neon Tetra (akuariumhiasku) -Beberapa pembudidaya (breeder) ikan neon tetra mengaku kewalahan menghadapi keinginan ekspor. Diantara breeder di Sawangan, Depok, Jawa Barat, mengatakan keinginan dari eksportir ikan neon tetra itu bisa mencapai dua juta ekor per bulan. Namun, koperasi kami hanya bisa membuahkan satu juta ekor per bulan, kata seorang breeder 

Pasar ekspor ikan bernama latin paracheirodon innesi ini terbuka di singapura, amerika serikat, dan eropa. tidak cuma untuk ikan hias, di eropa, ikan neon tetra ini diambil zat warnanya untuk bahan kosmetika. peluang usaha semakin manis lantaran baru indonesia dan china yang berhasil membenihkan ikan neon tetra

Breeder mengatakan anakan ikan memiliki ukuran 0, 8 cm yang berusia 40 hari dihargai Rp 150 per ekor. sedang harga ikan neon tetra memiliki ukuran 3 cm menggapai Rp 600 per ekor. kapasitas breeding ikan neon tetra kepunyaannya berkisar 120. 000-200. 000 ekor 1 bln.. 

Breeder itu mengaku sudah 10 th. membudidayakan neon tetra. dia tertarik ikan ini karena keinginannya sejak dahulu. sejak awal budidaya sampai sekarang ini, harga ikan ini juga stabil. apabila harga ikan kardinal tetra itu bisa naik turun berulang-kali lipat, paparnya. 

Beberapa jenis ikan tetra popular cukup indah. beragam jenis ikan hias tetra yang di kenal di Indonesia seperti green tetra, blue tetra, silver tetra, ikan neon tetra & banyak lagi yang lain. pada catatan ini diketengahkan jenis ikan neon tetra yang datang dari sungai amazon Amerika, dan telah berkembang biak di indonesia. ikan neon tetra (hyphessobryconnesi), ikan hias ini terhitung ke di dalam grup ikan hias yang amat menarik. 

Tubuhnya berjalur merah dan biru hijau sepanjang tubuhnya dari insang sampai ekornya. di dalam budidaya ikan hias ini gampang dipelihara, kuat dan tak gampang sakit/ mati. 

Langkah membiakkan :

Langkah membiakkan ikan jenis ini cukup sulit dan memerlukan ketekunan serta pengalaman yang lama. adapun untuk membiakan & budidaya ikan hias ini diperlukan persyaratan spesifik salah satunya : 

  • Air harus steril dan berupa asam (ph lebih kecil dari 6, 4) 
  • Senang pada area yang gelap. 
  • Suhu kurang lebih 20°c 

Langkah membedakan jantan dan betina yakni sebagai berikut : 
  • Jantan : garis tubuh pd jenis tetra ikan neon tetra lurus, bentuk agak panjang. 
  • Betina : bulat pendek dan perut membesar, garis tubuh pd ikan neon tetra agak bengkok. 

Langkah membiakkannya : 

  1. Pisahkan induk-induk ikan neon tetra. 
  2. Air hujan ditampung dan didiamkan sampai + 2 minggu. 
  3. Area yang dipergunakan untuk membiakkan, ikan tersebut dibersihkan terlebih dulu dan dicuci dengan tawas. 
  4. Masukkan air hujan tersebut ke di dalam area pemijahan. 
  5. Tetesi dengan air rendaman kayu asam. 
  6. Didiamkan 2 ~ 3 hari. 
  7. Masukkan tanaman atau daun-daunan untuk tempatkan telur ikan neon tetra tersebut. 
  8. Masukkan induk tetra yang telah dipisahkan terutama dahulu. 
  9. Tutuplah area tersebut dan berilah lubang cahaya sedikit agar supaya dapat tengok gerak-gerik ikan tsb. 
  10. Apabila terlihat jantan dan betina sama-sama berkejar-kejaran, maka +3 hari lalu sudah terlihat telur-telur yang menempel pd daun atau akar yang telah disediakan. 
  11. Pindahkan induknya dan ditutup dengan kain hitam hingga tidak ada cahaya yang masuk. 
  12. Selama + 3 hari telur ikan neon tetra tersebut menetas. 
  13. Anak ikan ini dapat di beri makanan infusoria yakni bakteri pembusuk pada daun kubis/ kol yang dibusukkan setetes untuk tetes. anda bisa membelinya di toko ikan hias maupun area jual ikan hias. 
  14. Setelah + 2 - 3 minggu penutup sudah dapat dibuka kembali. 
  15. Lalu bisa terlihat anak-anak ikan tetra.