Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mempersiapkan Akuarium Air laut




Tips Mempersiapkan Akuarium Air laut (akuariumhiasku)-Bila anda merencanakan memelihara ikan hias air laut di aquariaum baiknya memperisapkan dengan masak serta terencana, serta satu lagi perlu kesabaran ekstra. Sebelum saat beli ikan untuk di isi dalam aquarium, langkah pertama yang perlu dikerjakan yaitu mengadaptasikan aquarium dengan air lautnya dahulu. 


Untuk Aquarium yang baru butuh penyesuaian hingga enam bulan. dengan di isi air laut, pasir, pecahan karang mati. Bila anda segera isi dengan ikan hias atau karang hidup, di karenakan lingkungan baru serta aromanya tetap asing, membuat ikan yang dimasukkan cepat stress serta selanjutnya mati. Akuarium yang telah 5- 6 bulan, walau kita ganti dengan air laut baru seluruhnya, sudah mempunyai aroma khas. Menurut pengalaman, aroma khas inilah yang membuat ikan dapat bertahan lama dalam akuarium air laut. 


Harus Diakui agar bisa menikmati keindahan akuarium laut memerlukan perhatian lebih di banding memelihara akuarium air tawar, hal semacam ini dikarenakan air laut yaitu larutan kompleks yang terdiri dari bermacam type bahan terlarut dengan kandungan yang relatif tinggi. Oleh karenanya, tingkat kesuksesan akuarium laut amat ditentukan oleh pengetahuan perihal ciri-ciri kimia air laut dan saat yang dapat diluangkan untuk merawatnya. 

Jangan sampai buru-buru memasukan mahluk hidup apapun sebelum akan anda meyakini keseimbangan ekosistemnya telah terjalin dengan baik, jauhi berjalannya “new tank syndrome”, sampai anda tidak perli kecewa. untuk pemula sebainya tetapkan ikan yang cukup kuat seperti damshell, nemo, atau dakocan. mungkin apabila ada ikan badut (clown fish) bisa dimasukkan dengan jumlah yang terbatas. Di dalam penggunaan pakan bisa menggunakan cacing sutra atau udang rebon beku. 

Menyiapkan Aquarium Air Laut Yang Ideal 
Peralatan utama aquarium laut : 
Akuarium. Ukuran yang baik itu sedikitnya 1 mtr., tetapi bila akan bikin aquariuam yang lebih kecil dari itu juga bisa. 
Sump/ refugium (filter). Sump itu yaitu satu area penampungan air dari aqua utama untuk dibersihkan dari kotoran (dengan skimmer), di netralkan kandungan amoniaknya (dengan pertolongan skimmer, bioball, dan sebagainya), di turunkan kandungan nitratnya (dengan bakteri atau denitrator), dan di dinginkan suhu airnya (dengan chiller). selain itu di dalam sump itu sendiri biasanya ada satu area yang bertindak sebagai refugium yang datang dari kata refugee atau pengungsian, lalu bertindak sebagai area penampungan sesaat atau area lakukan perbaikan mutu air atau bisa juga area penampungan/ stabilisasi ikan atau coral yang baru dibeli. di dalam refugium itu bisa ada live rock dan pasir laut. 
Skema dari sump :




Skimmer 
untuk mengangkat lemak2 dan kotoran yang ada di dalam air laut yang bisa mengakibatkan tingginya kandungan amoniak, nitrit dan nitrat dgn langkah buat air laut itu jadi buih atau busa2 halus, lalu kotoran yang terjerat di dalam buih2 tsb bisa di buang ke area penampungan. 

Calcium reactor 
bertindak sebagai supply kandungan kalsium ke di dalam air laut, karena air laut membutuhkan kandungan kalsium yang tinggi untuk perubahan coral atau binatang laut yang lain. 

Coil denitrator 
bertindak menetralkan kandungan nitrat yang beresiko untuk seluruh mahluk laut yang ada di aquarium tsb. 

Chiller 
bertindak untuk turunkan/ mendinginkan suhu air laut di aquarium, krn sebagian besar coral dan ikan laut membutuhkan suhu yang cukup dingin untuk kehidupannya. 

Pompa air 
bertindak untuk mengembalikan air dari sump ke aqua utama, pompa juga dibutuhkan oleh skimmer, lalu bisa disebuntukan kepentingan bisa pompa bisa semakin lebih 1 buah di dalam 1 aquarium. 

Alat ukur dan sebagainya : 
perumpamaannya : ph/ kh tester, calcium tester, amoniak/ nitrit. nitrat tester, thermometer, salinity tester, tambahan2 bahan kimia yang lain sebagai supplemen mineral ke di dalam air laut, bioball, bakteri starter. 

Lampu 
Lampu melakukan tindakan sangat mutlak untuk coral dan mahluk lain untuk berfotosintesis 
lampu yang bagus untuk aqua laut yakni lampu yang bisa menirukan sinar matahari dgn ukuran 10 ribu sampai 20 ribu derajat kelvin. 
perumpamaannya : lampu metal halide (mh) 75-150 watt, 20 ribu kelvin 
Waktu menyiapkan akuarium laut, dibutuhkan kesabaran yang cukup supaya selanjutnya pas dgn yang kita kehendaki. 
sisi yang butuh ditangani yakni : 

A. Dekorasi dan pemasangan peralatan. 
Masukkan pasir laut kasar setebal 1-3 cm ke basic aquarium, lalu dilapisi dgn pasir laut halus setebal 2-3 cm. 
Masukkan live rock atau karang hidup lalu susun pas dekorasi yang di idamkan. 
Lalu isikan air laut dengan perlahan-lahan agar pasir tak berhamburan kacau balau. sampai air penuh mendekati bibir akuarium. 
Siapkan aquarium sump yang posisinya ada dibawah aquarium display (utama). 
Lalu pakai semua perlengkapan, seperti skimmer, bioball, denitrator, calcium reactor dan chiller. 
Tambahkan juga pasir laut dan liverock di dalam refugium. bisa juga ditambah rumput asam yang bertindak untuk turunkan amoniak/ nitrat dengan alami. 
Jangan sampai lupa meletakkan lampu, karena peran lampu itu sangat mutlak. 

B. Recycling 
Apabila air laut sudah dimasukkan ke aquarium, maka sesudah itu perlu ditangani cycling yang memiliki tujuan bersihkan air laut dari kotoran dan zat kimia beresiko dan juga untuk menumbuhkan kehidupan seperti plankton, copepod dan bakteri yang dibutuhkan untuk ekosistem air laut. jangan sampai memasukkan mahluk hidup apa pun selama sistem cycling. untuk mempercepat sistem perubahan bakteri, ada juga yang berikan bakteri hidup (mis. bactopur) ke di dalam sump dibagian bioball, dimana bioball itu sesungguhnya yaitu area berkumpulnya bakteri pengurai. 

Cycling ditangani dengan langkah menggerakkan aliran air dari aqua utama ke sump diimbangi dengan  penggerakkan perlatan yang lain seperti calcium reactor dan denitrator dan apabila menurut teori cycling harus ditangani terus menerus selama kurang lebih 1 bulan. lamanya, tetapi pd prakteknya ada yang menggerakkan cycling hanya 2 minggu atau terlebih 1 minggu. 
tujuan menggerakkan sistem cycling itu juga sesungguhnya untuk menghidupkan lingkaran sistem penguraian amoniak, nitrit dan nitrat oleh bakteri pengurai. 
Lingkaran prosesnya yakni : amoniak itu biasanya dihasilkan oleh kotoran atau sisa2 makanan yang membusuk yang diurai oleh bakteri sampai membuahkan amoniak, lalu amoniak ini juga diurai oleh bakteri sampai membuahkan nitrit, lalu nitrit itu juga diurai lagi oleh bakteri pengurai nitrit sampai membuahkan nitrat yang beresiko buat kehidupan di aqua.


Post a Comment for "Tips Mempersiapkan Akuarium Air laut"