Budidaya Ikan Kakap Merah (akuariumhiasku) | Usaha budi daya ikan kakap merah saat ini memanglah cukup menguntungkan lantaran karakter pertumbuhannya yang relatif cepat, toleransi pada kekeruhan, area terbatas serta salinitas, dan tanggap pada pakan buatan. Diluar itu, budidaya ikan ini relatif gampang, tahan pada penyakit, bisa dipelihara dalam kepadatan yang tinggi, serta karakter kanibalismenya rendah. hingga saat ini, baru Lutjanus johni, Lutjanus argentimaculatus, serta Lutjanus sebae yang sudah dibudidayakan.

Tanda-tanda serta Segi Biologi 

1. Ciri fisik 

Badan ditutupi sisik ctenoid memiliki ukuran tengah serta kecil. Sisi depan dari kepala hidung serta daerah mata tanpa sisik. Sebagian baris sisik ada pada tutup insang. Linea lateralis lengkap dengan wujud lurus atau kurva/melengkung. Gigi pada rahang umumnya beberapa baris. Ada gigi pada mulut sisi atas. Sirip ventral dengan satu duri keras serta 5 jari-jari lunak. diluar itu terdapat sirip punggung serta sirip dubur

Badan ikan berwarna merah/cokelat. Sisi bawah badannya berwarna merah muda untuk type P. argentimaculatus. Adapun L. sebae dewasa berwarna merah gelap serta juwana berwarna merah (pink) dengan loreng (band berwarna merah gelap. Sisi sirip punggung, sirip, dubur, serta sisi atas sirip ekor berwarna gelap. Type L. johni, warna tubuh hijau keperakan atau warna perunggu. Ada satu totol hitam besar dibawah sirip punggung, posisinya diantara batas dari keras serta jari-jari lunak.

2. Pertumbuhan dan perkembangan 

Laju perkembangan ikan kakap merah yang dipelihara dalam karamba jaring apung meraih 0, 56% /hari. Data itu tunjukkan baliwa ikan kakap merah tergolong ikan yang cepat pertumbuhannya. kakap merah terhitung type ikan hermaphrodit protandi, yakni berstatus jantan pada awal kehidupannya, lalu beralih jadi betina. Ikan kakap, merah yang memiliki ukuran pada 45, 0 – 55, 0 cm didominasi oleh ikan jantan, sedang yang memiliki ukuran 56, 0-62, 5 cm didominasi ikan betina.

Pergantian dari jantan ke betina berlangsung sesudah ikan berusia 6-8 th.. Pada waktu itu, induk jantan sudah memiliki ukuran bobot 3, 5 kg dengan panjang keseluruhan 53-6o CM.

Ikan betinanya bakal siap memijah sesudah memiliki ukuran seputar 6 kg. Bobot induk betina L. argentimaculatus yang sudah masak gonad pada 2, 9-5, 5 kg, sedang jantan pada 3, 6-4, 6 kg. L. sebae memijah selama th., sedang L. argentimaculatus memijah sepanjang 6 bln., yakni dari bln. Desember—Juni.

Pemijahan bisa dikerjakan didalam tangki ataupun kolam. Seekor ikan betina yang bobotnya pada 3-4, 5 kg bisa membuahkan telur sejumlah 1, 2 juta butir. Spesial L. sebae, pemijahannya tak bergantung pada sildus peredaran bln.. Ikan type ini memijah pada bln. gelap ataupun bln. purnama. Tetapi, keragaan pemijahan yang tambah baik berlangsung pada bln. gelap di banding bln. jelas. Pemijahan berjalan dalam tangki pada kedalaman air 70-16o m.

Penentuan lokasi budidaya 

Ikan kakap merah tergolong ikan eurihalin. Kakap merah yang tetap muda serta dewasa hidup di daerah mangrove serta muara sungai yang kandungan garamnya mendekati air tawar. Karakter ini membuat kesempatan untuk membudidayakannya, baik di tambak ataupun dalam kolam.

Lokasi penempatan kolam atau karamba tancap mesti terlindung dari dampak gelombang besar serta angin kencang, seperti perairan teluk yang terlindung, selat kecil, muara sungai maupun sungai yang airnya berbentuk payau. Kakap merah dapat hidup di perairan laut ataupun perairan payau dengan kandungan garam berkisar 10-35 ppt, serta suhu air 26-310 C.

Wadah Budi Daya 

Ikan kakap merah bisa dibudidayakan dalam kolam ataupun karamba tancap di perairan pantai, seputar muara sungai. Ikan ini bisa dibudidayakan dalam kolam memiliki ukuran 2 m X 2 m X 2 m, ataupun ukuran yang semakin besar 3 m x 3 m X 2 m, sesuai dengan tujuan produksi yang mau dicapai.

Pengelolaan Budi Daya 

1. Penyediaan benih 

Benih kakap merah dapat didapat dari hatchery yang sediakan benih kakap ini, atau dapat didapat lewat cara penangkapan dari alam. Benih dari alam umumnya ketersediaannya terbatas, ukurannya tak seragam serta cuma ada pada musim spesifik. Adapun pengangkutannya dengan system tertutup.

2. Penebaran benih 

Penebaran benih dikerjakan baiknya walaupun pagi atau sore hari lantaran suhu hawa atau air lebih dingin. Sebelum saat penebaran, mesti di perhatikan keadaan mutu air, terlebih suhu serta salinitas. Bila suhu serta salinitas air pengangkutan cukup tidak sama dengan air dilokasi budi daya, butuh dikerjakan penyesuaian. Padat penebaran benih kakap merah seberat 5o g yaitu 100 ekor/m3. Adapun padat penebaran ikan yang memiliki ukuran semakin besar (200 g), yakni 11-12 ekor/m2.

3. Pembesaran 

Pemeliharaan ikan jenaha (L. johni) sepanjang 6 bln. bakal meraih bobot 356 g dengan bobot awal 125 g.

4. Pemberian pakan 

Pakan yang dipakai yaitu ikan rucah sebesar 5-10% bobot tubuh/hari. Pemberian pakan dikerjakan 2 x/hari. Adapun L. argentimaculatus yang di beri pakan rucah sejumlah 10% bobot tubuh/hari sepanjang masa pemeliharaan 7 minggu tunjukkan laju perkembangan rata-rata 0, 8% /hari. Frekuensi pemberian pakannya satu kali sebesar 7% bobot tubuh /hari.

Pengendalian Hama serta Penyakit 

Bakteri yang menyerang ikan kakap merah yaitu Streptococcus iniae. Tanda-tanda ikan yang diserang penyakit ini, salah satunya warna ikan berubah jadi lebih gelap, kehilangan keseimbangan, berenang berputar serta timbul bintik – bintik merah pada kulit.

Pencegahan yang dikerjakan lewat cara menghindari pemberian pakan terlalu berlebih serta menghindar penanganan kasar. Tak hanya bakteri, ikan ini bisa terserang parasit, yakni kutu kulit. Kutu kulit yaitu parasit eksternal yang umum pada ikan budi daya laut. Ada dua kutu kulit yang ditemukan pada ikan kakap merah, yakni Neobenedenia serta Benedenia.

Kutu kulit pada ikan benar-benar susah dilihat lantaran benvarna transparan. Jika dimasukkan ke dalam air tawar untuk sebagian menit, kutu kulit baru tampak lantaran beralih warna jadi keputihan. Pemberantasan parasit ini lewat cara merendam ikan di air tawar sepanjang 5 menit. Bila tingkat serangannya kronis, perendaman bisa dikerjakan sejumlah 2 x dengan selang saat satu minggu.

Panen 

Ikan kakap merah dipanen sesudah memiliki ukuran 500 g. Ukuran itu ideal untuk di pasarkan. Adapun lama pemeliharaan untuk meraih ukuran itu yaitu 6 bln..


Axact

Akuarium Hias

Hi Sahabat Aquarium Hias. Blog Aquarium hias ini memberikan informasi dan tips seputar aquarium air tawar dan aquarium air laut yang diperuntukkan bagi anda yang hobby terhadap aquarium air tawar, auarium air laut, serta ikan hias yang ada di dalamnya. Ada tips dan panduan step by step mengenai cara merawat ikan hias pada aquarium air tawar dan aquarium air laut. Kami akan terus berusaha mengetengahkan informasi terupdate seputar aquarium air tawar dan aquarium air laut yang kami dapatkan dari berbagai sumber ataupun berdasarkan pengalaman, dan akan disajikan di blog aquarium hias ini dengan bahasa yang lugas dan mudah, supaya anda bisa langsug mengerti dan mendapatkan referensi aquarium air tawar dan aquarium air laut.

loading...

Post A Comment: