Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Hias Ramirezi

akuriumhiasku
Ikan Ramirezi

Ikan Hias Ramirezi (akuariumhiasku) | Ikan Hias Ramirezi (Apistograma ramirezi) aslinya datang dari Venezuela serta Kolombia. Ikan Hias Ramirezi ini tergolong dalam omnivora serta tergolong ikan pemalu. Kesenangannya bersembunyi dalam lubang hingga butuh tempat persembunyian dalam wadah pemeliharaan. Ukuran badan maksimal sekitar 6 cm. Warna badan merah tua ditutupi garis melintang warna biru yang Samar di seluruhnya badan. Warna sirip merah serta dilengkapi warna agak pelangi. Suhu pemeliharaan yang baik pada 27-29° C. Sesaat pH airnya pada 6, 5-7, 0 serta kekerasan 3-7° dH.

akuariumhiasku
Ikan Ramirezi


Pemijahan bisa dilakukan dengan cara masal dengan perbandingan jantan serta betina 1 : 1. Air untuk pemijahan agak asam, sekitar pH 6,5. Induk jantan ditandai dengan warna badan benar-benar cerah serta sirip sedikit lebih panjang. Sesaat induk betina yang siap berpijah ditandai dengan perutnya terlihat gendut.

akuariumhiasku
Ikan Ramirezi


Sarang bisa di buat dari pot bunga yang dimiringkan atau potongan paralon. Telur bakal disembunyikan dalam sarang lewat lubang kecil. Telur itu bakal menetas kurun waktu 2-3 hari. Larva yang menetas bakal berenang cepat. Pakan larva itu berbentuk infusoria, rotifera, maupun kutu air halus atau saring. Larva itu umumnya diasuh induknya sampai 15 hari.

akuariumhiasku
Ikan Ramirezi


Sesudah 15 hari, anak-anak ikan dipisahkan dari induknya. Perawatan setelah itu dengan pemberian kutu air saring atau cacing sutera. Pakan buatan berbentuk pelet halus juga bisa diberikan. Ikan untuk induk mesti telah berusia enam bln.. Sesaat ukuran mulai bisa di jual yaitu 2, 5 cm dengan saat pemeliharaan 3-4 bln.

akuariumhiasku
Ikan Ramirezi