Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Redfin Shark

Ikan Redfin Shark (akuariumhiasku) | Ikan Hias Red-finned Shark (Ephalzeorhynchus frenatus) adalah ikan yang datang dari Sungai Mekong, Thailand. Ikan yang bersifat omnivora ini benar-benar cantik dengan warna badan cokelat hitam atau putih albino serta sirip-siripnya merah jelas. Ukuran badan maksimal sekitar 12 cm.

Akuariumhiasku
Redfin_albino


Suhu pemeliharaan Ikan Hias Red-finned Shark pada 26-28° C dengan pH 7, 5 serta kekerasan 10° dH. Di alam aslinya, Ikan Hias Red-finned Shark dewasa suka mengonsumsi lumut hingga dinding akuarium umumnya bersih dari lumut. Sifatnya agak pemalu serta suka bersembunyi pada siang hari, sedang malam hari bakal keluar mencari makanan.

akuariumhiasku
Red Tail Shark


Induk jantan serta betina sedikit susah dibedakan. Tetapi, wujud badan yang agak gemuk serta sedikit panjang umumnya yaitu betina, sedang jantan agak pendek serta langsing. Pemijahannya dikerjakan dengan suntikan hormon gonadotropin buatan seperti Ovaprim pada induk yang telah masak telur. Dosis hormon cukup 0, 3 ml/kg, berat tubuh.

akuariumhiasku
raibow shark


Suntikan cuma dikerjakan sekali saja. Oleh lantaran ukuran ikan ini tak besar maka penyuntikan bisa dikerjakan cuma dengan memegang induknya memakai tangan kiri, sedang tangan kanan untuk menyuntik.
Pemijahan bisa dikerjakan dengan cara masal. Induk-induk yang telah bertelur mesti secepatnya di ambil serta telurnya dilewatkan menetas sendiri tanpa induk. Ikan ini berenang di dasar hingga telurnya bakal berantakan apabila terlampau lama berbarengan induknya. Oleh karenanya, penyuntikan bakal tambah baik dikerjakan siang hari supaya ikan dapat bertelur malam hari. Ini dikarenakan saat paling baik mengangkat induknya yaitu malam hari. Umpamanya, penyuntikan yang dikerjakan jam 11. 00 diprediksikan ikan bakal bertelur jam 20. 00.

Telur bakal mulai menetas dalam periode waktu 24 jam serta laivanya mulai berenang 3-4 hari lalu. Pakan larva bisa berbentuk infusoria, kutu air halus, atau tetasan artemia yang berjalan 36 jam. Pakan ikan dewasa berbentuk cacing sutera atau cacing darah. Ukuran jual seputar 5 cm atau telah berusia seputar 4 bln..