Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Cycling Pada Akuarium Air Laut

Manfaat Cycling Pada Akuarium Air Laut (akuariumhiasku) | Cycling sendiri biasanya bertujuan membersihkan air laut dari kotoran dan zat kimia yang memiliki resiko dan juga untuk menumbuhkan kehidupan seperti plankton, copepod dan bakteri yg dibutuhkan untuk ekosistem air laut. jangan sampai memasukkan mahluk hidup apa pun selama masa system cycling berlangsung. untuk mempercepat system perubahan bakteri, ada juga yang berikan bakteri hidup (mis. bactopur) ke di dalam sump dibagian bioball, dimana bioball itu sesungguhnya yaitu ruang berkumpulnya bakteri pengurai.



Cycling dilakukan dgn cara menggerakkan aliran air dari aqua utama ke sump diimbangi dgn menggerakkan perlatan yang lain seperti calcium reactor dan denitrator dan apabila menurut teori cycling harus ditangani terus menerus selama kurang lebih 1 bln. lamanya, tetapi pada prakteknya ada yg menggerakkan cycling hanya 2 minggu atau terlebih 1 minggu.



maksud menggerakkan system cycling itu juga sesungguhnya untuk menghidupkan lingkaran system penguraian amoniak, nitrit dan nitrat oleh bakteri pengurai.



Lingkaran prosesnya yakni : amoniak itu biasanya dihasilkan oleh kotoran atau sisa2 makanan yg membusuk yg diurai oleh bakteri sampai menghasilkan amoniak, lalu amoniak ini dapat diurai oleh bakteri sampai menghasilkan nitrit, lalu nitrit itu juga diurai lagi oleh bakteri pengurai nitrit sampai menghasilkan nitrat yg memiliki resiko buat kehidupan di aqua.