Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Membuat Chiller Murah dan Mudah

Tips Membuat Chiller Murah dan Mudah | Tak dapat disangkal agar perkembangan tanaman di aquascape dapat maksimal dibutuhkan suhu yang sesuai sama habitat tanaman. Serta suhu normal air di aquarium sekitar 30-35 C yang sudah pasti kurang maksimal untuk perkembangan tanaman di air. Untuk menghadapinya kita dapat menempatkan Chiller (pendingin) yang harga nya lumayan mahal. Naahh... karenanya kita mesti dapat mensiasati agar dengan biaya murah kita dapat turunkan suhu di aquascape jadi sekitar 26-27 C.

Bagaimana Caranya??

KIPAS ANGIN juga sebagai pengganti manfaat Chiller cukup manjur. Suhu dapat turun hingga 26-27 C untuk aquarium ukuran 100x50x50.. sesaat bila untuk aquarium ukuran besar dapat menaikkan dengan gunakan 3 - 4 kipas.tinggal ditata saja posisinya. 

Beikut ini cara pembuatnya :

1. BUAT RANCANGAN POLA 
Bahan baku untuk tempat menyokong kipas baiknya bahan yang transparan seperti kaca atau acrylic. Namun semakin bagus menggunakan Acrylic lantaran gampang untuk memotong polanya. Buat pola gambar persegi panjang ukuran kira-kira sama juga dengan lebar akuarium. Lalu gambar lingkaran sesuai dengan besar kipas yang bakal digunakan. Cocokkan jumlah gambar lingkaran dengan jumlah kipas yang ada serta cocokkan dengan besarnya kuarium. Janganlah lupa buat lubang kecil untuk ventilasi udara dari akuarium.

Potong bahan sesuai sama pola yang telah di buat dengan gergaji besi agar hasil potongannya halus.

Gb. 1 Gambar Pola lingkaran



2. MERAKIT KIPAS 
Sesudah bahan terpotong/berlubang sesuai sama pola. buat lobang dengan bor untuk posisi baut kipas. Baiknya pakai kipas ukuran 6-8 inchi. Kipas ini banyak di jual murah di tempat2 elektronik atau ditempat jualan barang sisa umumnya banyak dengan harga super miring

Gunakan kipas dengan baut hingga kuat tak goyang.

Gb. 2 Lobangi pola dengan gergaji



Gb. 3 Gunakan Kipas di lobang yang disediakan





3. APLIKASIKAN KE AQUARIUM
Sesudah seluruhnya terakit, tinggal diterapkan ke aquarium. Hati hati lantaran terkait dengan aliran listrik jadi kabel2 mesti benar2 dalam keadaan aman tidak ada yang menjuntai serta punya potensi nyemplung ke air.. dapat wassalam ikan2 kita. Yakinkan aman dengan tutup rapat celah2 kabel dengan isolasi serta tersambung kuat. Untuk hindari arus kuat baiknya pakai kipas yang menggunakan arus DC..
Langkah paling akhir tinggal colokan ke listrik serta simak dalam satu hari suhu bakal turun serta tanaman bakal mulai berkembang tunas2 baru

Gb. 4 Penampakan Kipas di akuarium