Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis - jenis Ikan Louhan

Jenis - jenis Ikan Louhan - Ikan Hias | Melihat ikan louhan sebgai salah satu ikan hias air tawar, seakan membuat kita teringat awal millennium yang membuatnya  booming di Indonesia. Posisi ikan louhan saat itu juga sebagai ikan hias air tawar yang paling banyak dipelihara serta di cari. Pedagang ikan louhan di Pasar ikan hias juga laris keras lantaran banyak permintaan dari konsumen. Namun itu dahulu, tak tahu mengapa perlahan-lahan ikan louhan mulai surut serta tak pernah menanjak lagi hingga sekarang.

Ikan Louhan datang dari keluarga Cichlidae, ikan hias air tawar yang di kenal dengan ciri khas jenong & warna yang menyala ini, termasuk juga yang masih tetap memiliki pengagum sendiri sampai sekarang. Meskipun telah tak sebooming dahulu lagi. Buktinya yaitu ada banyak juga kontes Louhan yang diselenggarakan di beragam kota. Untuk lebih jelasnya yuks simak jenis-jenis ikan louhan di bawah ini

Ikan Louhan Cencu/Zenzhu
Ikan Louhan Cencu umumnya popular dengan nama ikan louhan mutiara. Sekarang ini louhan cencu telah terbagi dalam dua type lagi, yakni type classic serta moderen. Untuk cencu classic, tampak dari warnanya yang cencerun jelas dari pada moderen. Serta mutiaranya tak demikian banyak. Bentuk badannya elips serta jenong kepalanya tak demikian besar. Type classic mempunyai keunggulan pada ukuran badannya yang lebih besar dari pada cencu moderen. Tetapi semuanya itu kembali lagi yaitu pemasangan genetik yang didesain oleh peternak ikan louhan, Untuk ikan louhan cencu moderen, mutiara tampak semakin banyak, bahkan juga sampai kepala serta pipi nya, hingga lebih indah dipandang. Jenongnya juga telah nampak waktu masih tetap kecil.

Ikan Louhan Cencu



Ikan Louhan Kamfa/Flower Horn
Ikan louhan kamfa sering di kenal golden flower. Sangat banyak penghobi ikan hias pelihara kamfa lantaran sudah jadi trend sampai sekarang ini. Kamfa gampang dikenali dari siripnya lebih lebar serta lebih kaku dari louhan yang lain. Waktu masih kecil sirip atasnya telah tampak lebih lebar dari anakan louhan yang lain. Bila ada marking di kepala besar kemungkinannya louhan itu yaitu hasil persilangan dengan type lain.

Ikan Louhan Kamfa


Ikan Louhan Golden Red
Nama ikan louhan golden red didapat dari kombinasi warna pada warna merah serta warna kuning. Ikan ini adalah ikan dari Thailand. Waktu warna di badan serta siripnya belum pecah atau mutasi, ikan louhan golden red tampak serupa sekali dengan louhan cencu. Baik itu dipandang dari marking serta bentuknya. ikan louhan golden red sangatlah indah dilihat. Sistem mutasi warna nya juga terdapat banyak step hingga hasil pada akhirnya bakal muncul warna kuning serta merah.

Ikan Louhan Golden Red


Ikan Louhan Super Red Texas (SRT)
ikan louhan SRT juga adalah ikan louhan yang datang dari negara Thailand. Mulai dikembangbiakkan dari type texas chiclid murni dari Amerika yang berwarna abu - abu dengan ikan louhan golden red atau louhan red lain. Jadi dihasilkanlah ikan louhan SRT yang berkwalitas.

Ikan Louhan Super Red Texas (SRT)


Ikan Louhan Rainbow Kingikan louhan ini mulai di kembangkan di negara Singapura serta jadi raja di beberapa kontes louhan internasional. Bikin ikan louhan RBK ini jadi trend disamping louhan kamfa. ikan louhan rainbow king sangatlah memukau dari sisi warna, lantaran memiliki kandungan warna merah, kuning serta bahkan juga ada pula yang memiliki warna biru. Marking horisontalnya telah nampak meskipun baru anakan.

Ikan Louhan Rainbow King 


Ikan Louhan Super Red Synspillum (SRS)
Thailand membuat tren baru didunia ikan louhan. Timbulnya type ikan louhan baru yang diberi nama SRS membuatnya dijuluki juga sebagai kamfa dari thailand. Warna nya yang khas oranye bercampur merah bata bikin louhan ini sangatlah eksotis. Jati diri paling utama louhan SRS sesungguhnya terdapat pada mata nya yang perlu putih atau kuning. Jenongnya waterhead serta tak ada marking di kepalanya. Anakan SRS umumnya dimaksud rainbow king oleh beberapa pedagang yg tidak bertanggungjawab. Oleh karenanya bedakan dengan cermat.

Ikan Louhan Super Red Synpillum (SRS)


Ikan Louhan Louhan Storm
Belum banyak info mengenai ikan louhan  yang beredar dari type louhan asal thailand ini. Bila dipandang dari marking horisontal serta mutiaranya kemungkinan besar ada darah texas chiclid yang membuat ikan louhan storm ini.

Ikan Louhan Storm

Demikianlah artikel tentang Ikan Hias yang pada kesempatan kali ini membahas tentang Jenis - jenis IkanLouhan, semoga dengan artikel dari Ikan Hias yang membahas tentang Jenis - jenis IkanLouhan bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Untuk koleksi kerajinan tangan lainya jangan lupa kunjungi selalu blog Ikan Hias.



Referensi :

http://www.anekaikanhias.com/