Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Merawat dan Memelihara Ikan Oskar

Tips Cara Merawat dan Memelihara Ikan Oskar - akuariumhiasku | Ikan Oskar datang dari genus Familiy familia Cichlidae yang mempunyai nama latin Astronotus. Serta dalam genus itu, ada dua spesies serta keduanya juga diketemukan diperairan sungai Amerika Selatan. Termasuk type Omnivora atau pemakan semua, pakan mereka di alam bebas yaitu binatang tak bertulang belakang atau molusca, serta ikan ikan kecil. Ikan hias ini banyak dipehara lantaran keindahan yang ditunjukan disetiap jengkal badannya.

Ikan Oskar



Ikan Oskar yang disebut jenis cichlid ini telah di kenal akrab dengan manusia dan nyaris seluruhnya ikan oscar yang berdar sekarang ini baik didalam serta luar negeri merupaan hasil pembudidayaan dan meninggalkan habitat aslinya di Amerika Selatan, Sungai Amazon, Parana, Rio Paraguay, serta Rio Negro. Ikan ini berwarna kehitaman dengan aksen serta ornament kuning kemerah merahan di ke-2 samping tubuhnya. Serta yang perlu anda ketahui bahwa ikan ini adalah ikan yang mahal lantaran membutuhkan sedikit perlakuan khusus baik saat pelihara ataupun berikan pakan.



Ikan Oskar jantan menandai badannya juga sebagai pembeda dengan tutup insang yang berwarna merah serta 3 lingkaran berwarna merah yang terdapat di sirip punggung nya. Sedang sebagai pemberi tanda betinanya yaitu warna warna itu tampak kabur serta tak ada pemberi tanda lain. ukuran tersebesar yang bisa di raih ikan oscar ini yaitu 35 cm tetapi rata rata umumnya ikan oscar cuma memiliki ukuran 30 cm saja. Yang menarik dari ikan ini adalah tentang kecerdasan nya, ikan ini bisa menghafal dengan gampang rutinitas waktu makannya, ikan ini bisa dilatih untuk makan cuma dari tangan pemiliknya saja. serta yang paling mutakhir dari ikan ini yaitu ikan ocsar bisa melompat hingga ketinggian 15 cm untuk mengonsumsi makanan dari tangan si yang memiliki, menarik bukan?
Oskar adalah type Ikan Carnivora atau pemakan daging, serta adalah ikan yang cukup panjang untuk ukuran akuarium. Ikan ini bisa menyesuaikan dengan semua situasi air, tetapi biasanya ikan oskar hidup pada suhu 26°-30° C.

Perbedaan Ikan Oskar Jantan dan Ikan Oskar Betina

Ikan Oskar Jantan
Panjang tubuh relatif lebih panjang
Alat kelamin lebih menonjol

Ikan Oskar
 Betina
Induk yang sudah masak perutnya gendut
lubang kelamin lebih besar



Sebagai ikan Predator, ikan oskar bakal memangsa ikan ikan kecil seperi anak ikan serta Udang. Tetapi umumnya dalam akuairum Ikan ini di beri pakan yang berbentuk flake, pellet, cacing, jangkrik, ikan mas kecil serta lain sebagainya. Warna terindah dari Ikan Oscar bisa didapatka serta diupayakan dengan pemberian pakan berbentuk makanan yang memiliki kandungan zat kapur (chitine) yang harusnya diawali mulai sejak kecil.