Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Lobster Hias Air Tawar

Mengenal Lobster Hias Air Tawar - Ikan Hias | Terdapat banyak jenis udang hias dalam jenis lobster yang telah di kenal di indonesia, salah satunya yaitu :

1. Cherax quadricarinatus (redclaw)

Udang hias ini Cirinya mempunyai capit dengan ujung yang berwarna merah terutama untuk yang jantan. Dari nama latinnya, quadricarinatus yang memiliki makna empat buah lunas, quadric = empat, carinatus = carinae, bentukan mirip lunas. Lobster ini banyak di jadikan untuk makanan serta ditempat aslinya di Queensland Utara jadikan makanan untuk masyarakat di sana.



2. Cherax destructor 

Cherax destructor adalah jenis  Udang hias air tawar yang paling di kenal di antara 100 jenis obster air tawar yang hidup di Australia. Mereka dapat di temui mulai daerah New South Wales sampai diselurah dataran benua Australia. Sebaran yang luas mengakibatkan mereka dapat menyesuaikan dari mulai daerah dingin di danau-danau berair dingin pegunungan Snowy, sampai daerah beriklim panas. Cherax destructor bisa disebutkan adalah makanan orang suku asli Australia (aborigin).

Biasanya C. destructor didapati di danau-danau, rawa rawa, billabong, bendungan, saluran irigasi, serta disungai-sungai. Mereka termasuk juga tahan banting. Pada musim kering mereka bakal bertahan hidup lewat cara membuat lubang di dalam tanah. Bahkan juga mreka dapat membuat lubang sampai kedalaman 5 m. Pada waktu musim penghujan mereka lalu keluar untuk mencari makan, memijah serta bermigrasi.



Di habitat aslinya, C destructor terkadang disalahkan juga sebagai pemicunya robohnya bendungan. Hal semacam ini umumnya berlangsung jika dinding bendungan itu kurang dari 2 mtr., serta kerap berlangsung pergantian permukaan air, seperti umum berlangsung di sawah. Walau demikian peristiwa ini tidak sering terjadi pada dam-dam yang ketebalan dindingnya kian lebih 6 mtr..

3.Procambarus clarkii 

Procambarus calrki adalah Udang hias datang dari daerah Amerika Utara, di Louisiana Lobster ini memiliki warna badan merah. Oleh karenanya mereka kerap dikatakan sebagai red swamp crayfish. Lobster dewasa berwarna merah gelap, sedang yang masih muda berwarna merah kekelabuan. Untuk ukuran dewasa dapat tumbuh sampai meraih panjang 20cm.
Red swap crayfish di ketahui memiliki toleransi lebar pada salinitas air, oleh karenanya mereka dapat didapati baik di air tawar ataupun air payau. Jenis ini sukai membuat lubang pada pinggir sungai, rawa, serta tanggul saluran irigasi. Jenis crayfish ini di daerah aslinya jadikan juga sebagai menu santapan Cajun serta adalah basis aquacultur di daerah Louisina yang untungkan. Mereka juga sudah dikenalkan keluar daerah aslinya untuk dibudidayakan.



Lobster  Red swamp crayfish berbentuk sangatlah agresif, teritorial, serta rakus, hingga mereka dapat jadi ancaman untuk hewan lain yang memakai sumberdaya yang sama. Mereka bahkan juga dapat berkompetisi dengan beberapa jenis crayfish lokal. bSebuah riset di Spanyol tunjukkan bahwa mereka dapat merubah komune tumbuhan disuatu tempat basah di sana. Oleh karenanya introduksi mereka ke daerah baru butuh di perhatikan dengan cermat. Ada suatu peringatan bahkan juga pernah dikeluarkan agar Red swamp crayfish, jangan sempat masuk ke Australia, lantaran akan menyaingi jenis crayfish asli yang ada di negara tersbut.

Demikianlah artikel tentang Ikan Hias yang pada kesempatan kali ini membahas tentang Mengenal Lobster HiasAir Tawar, semoga dengan artikel dari Ikan Hias yang membahas tentang Mengenal Lobster HiasAir Tawar bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Untuk koleksi kerajinan tangan lainya jangan lupa kunjungi selalu blog Ikan Hias.