Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Memilih Bibit Ikan Lele Yang Baik

Tips Cara Memilih Bibit Ikan Lele - akuariumhiasku | Untuk hasil panen yang baik dalam budidaya ikan lele, sudah pasti kita harus pilih bibit ikan lele dengan kwalitas yang baik yang merupakan salah satu aspek utama dalam kesuksesan pembesaran ikan lele. Kwalitas bibit ikan lele yang bakal dibudidayakan sangat memastikan keberhasilan budidaya lele. Bila terjadi  kekeliruan dalam pilih bibit ikan lele, kemungkinan usaha budidaya ikan lele bakal alami kegagalan. Terdapat banyak persyaratan yang  mesti kita kenali saat sebelum beli bibit ikan lele. pilih bibit ikan lele berkualitas
Berikut ini  sebagian panduan singkat langkah pilih bibit ikan lele yang berkwalitas.



1. Kesehatan (Amati Fisik serta Gerakannya) 
Bibit Ikan lele yang berkwalitas mempunyai ukuran badan yang sama (ukuran kepala serta badan sama), tak cacat, tak luka, sungut tak pucat serta warna badan cerah juga mengkilap. Diluar itu ciri bibit ikan lele yang sehat yaitu gerakan aktif, lincah, tak menggantung dan tak bergerombol di sudut kolam.



2. Ukurannya Seragam 
Ukuran bibit ikan lele yg tidak seragam bakal menyebabkan perkembangan lele jadi tidak sama. Biasanya ikan lele yang berukuran besar akan menjadi kanibal untuk ikan lele yang kecil. Bila kita menginginkan ukuran bibit ikan lele 5 cm jadi baiknya toleransi bibit ukuran 4 cm serta 6 cm masing-masing.



3. Riwayat Induk/Keturunan.
Datang dari induk yang unggul. Bukan hasil pemijahan (perkawinan) dengan tingkat kekerabatan yang dekat (inbreeding).

4. Riwayat Penyakit 
Ikan pernah sakit atau tidak? Bila benih lele pernah sakit tanyakan bagaimanakah urutan serta langkah perlakuannya. Apakah memakai antibiotik, vitamin, atau probiotik, atau bahkan juga perlakuan tehnis saja. Tak dianjurkan memakai antibiotik dengan dosis terlalu berlebih lantaran penyakit/bakteri akan kebal hingga membutuhkan dosis yang lebih tinggi.

Demikianlah artikel tentang Ikan Hias yang pada kesempatan kali ini membahas tentang Tips Cara Memilih BibitIkan Lele, semoga dengan artikel dari Ikan Hias yang membahas tentang Tips Cara Memilih BibitIkan Lele bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Untuk koleksi kerajinan tangan lainya jangan lupa kunjungi selalu blog Ikan Hias.