Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Membuat Kolam Koi Bersih dan Sehat

Tips Cara Membuat Kolam Koi Bersih dan Sehat Hal pertama yang butuh di perhatikan untuk penggemar Koi yaitu pembuatan Kolam Koi yang representatif untuk keberlangsungan hidup serta kesehatan Koi. Kwalitas air dalam kolam Koi adalah aspek penentu keberhasilan pelihara Koi. Keindahan serta kesehatan Koi sangatlah di pengaruhi oleh keadaan air dalam kolam koi. Kolam koi yang representatif mencakup prasyarat yang cukup untuk kehidupan Koi serta keindahan bila dilihat. Sebagian pengagum Koi ada yg tidak terlampau menghiraukan segi ke-2 ini namun ada beberapa yang terlampau mengutamakan segi keindahan namun melupakan prasyarat yang cukup kolam untuk Koi. Koi adalah Ikan yang bakal terlihat indah bila dipandang dari sisi punggung tidak dari sisi samping, jadi pelihara Koi dalam aquarium tak akan nikmati keindahan koi dengan cara maksimal. 



Kedalaman Kolam Koi 

Beberapa orang berasumsi bahwa supaya bisa nikmati keindahan Koi, mereka Bikin Kolam Koi yang dangkal pada 30 cm hingga 50 cm saja, hingga Koi Gampang dipandang, sesungguhnya boleh-boleh saja asumsi ini, walau demikian Kolam yang dangkal bakal bikin Koi tak dapat tumbuh dalam ukuran jumbo. Apabila Koi Jumbo dipelihara pada Kolam Dangkal makin lama bakal bikin badan Koi jadi bengkok hingga kurangi keindahan. Pemecahannya yaitu Bikin Kolam Koi dengan kedalaman yang cukup namun air senantiasa bersih serta jernih hingga walau Kolam Koi cukup dalam terus bisa lihat Koi walau ada di dasar kolam sekalipun. 

Bikin Kolam Koi yang representatif memanglah membutuhkan biaya yang cukup banyak maka dari itu pembuatan Kolam Koi mesti sesuaikan dengan keadaan. Lebih baik kolam dengan ukuran kecil namun mutunya baik dari pada kolam yang besar namun kwalitas airnya jelek. Walau demikian prinsip dasar Kolam Koi yang dapat dipegang yaitu Gampang perawatan serta yang lebih utama bisa melindungi kesehatan serta Kwalitas Koi. 


Bangun Kolam Koi Dengan Pas Bakal Menaikkan Keindahan 


Diluar itu dalam Bikin Kolam Koi yang perlu diperhitungkan yaitu berapakah jumlah Koi yang bakal dipelihara serta berapakah ukuran Koi yang bakal diraih. Ukuran Kolam yang kecil serta dangkal tak dapat mensupport perkembangan koi meraih ukuran Jumbo. Diluar itu bersamaan dengan perkembangan Ikan Koi dalam kolam bakal membuahkan kotoran serta Kandungan Amonia yang bertambah dalam kolam. Hal semacam ini bakal punya pengaruh pada kesehatan serta kehidupan Ikan Koi. 



Sumber Oksigen Utama Dalam Bikin Kolam Koi 

Agar bisa Bikin Kolam Koi yang maksimal ada dua hal yang butuh diperhitungkan yang pertama yaitu Sumber Oksigen yang cukup serta system Filter yang baik. Seperti hewan lain, Ikan Koi membutuhkan Oksigen untuk bernafas serta cukup rawan dengan keadaan kolam yang mimim oksigen. Karenanya butuh suplai oksigen yang cukup dalam kolam koi. Oksigen dapat dihasilkan dari gerakan air kolam koi, umpamanya di buat dengan air terjun atau dikerjakan dengan menambahkan aerator pada kolam koi. System filter juga memegang fungsi yang utama untuk melindungi kwalitas air dalam kolam. 

Karenanya filter adalah equipment harus dalam pembuatan kolam Koi. System Filter dalam Kolam Koi kekuranganya hanya menghasilkan air yang bersih serta jernih saja seperti kolam renang dengan memberikan Chlorine umpamanya. Untuk ikan koi, Chlorine adalah zat yang sangatlah beresiko untuk keberlangsungan hidupnya. System filter dalam Kolam Koi juga mesti menanggung kolam Koi bebas dari beberapa bahan kimia beresiko. Jadi system filter biologis jadi pilihan dalam kolam koi. 

Oksigen Yang Cukup, Bikin Kolam Koi Sehat 

Sebagian Hal utama sebagai catatan saat sebelum membuat kolam Koi : 

1. Tempat Kolam Koi 
Lebih baik Tempat Kolam Koi yaitu di dekat rumah, supaya bisa nikmati keindahannya serta di beri makan sekurang-kurangnya 2 x dalam satu hari. Jauhi membuat Kolam Koi di bawah pohon lantaran daun-daun dapat mengotori kolam serta jauhi di beberapa tempat yg tidak aman dari hama dan orang tak bertanggungjawab. 



2. Membuat Kolam Koi lebih baik di Bawah tanah, 
Lantaran Keindahan Koi yaitu di bagian punggungnya. Kolam Koi seperti akuarium kurang memberi panorama yang bagus untuk keindahan koi. 

3. System Filter Kolam Koi Yang baik 
Bila tidak ingin repot dengan beragam kerumitan filter kolam, satu diantaranya adalah dengan beli filter kolam yang telah jadi. Anda tinggal sesuaikan spesifikasi filter dengan ukuran kolam yang dipunyai. Akan tetapi tentu mesti bersiap dengan dana yang mungkin saja banyak. Diluar itu dalam pilih filter untuk kolam yaitu keringanan dalam maintenance serta gampang dibersihkan. Beragam merk product filter kolam ada di pasar, satu diantaranya yaitu Nexus. Produsen nexus menghasilkan beragam varian filter kolam diantaranya Nexus Easy Pod, Nexus Eazy 210, Nexus Eazy 310 serta lain sebagainya. 

System filtrasi Nexus sendiri diklaim juga sebagai filter kolam ikan koi yang paling berhasil didunia. Hal semacam ini lantaran di dukung oleh design yang inovatif serta memakai tehnologi yang canggih. Diluar itu beragam keringanan dalam membersihkan filter jadi pertimbangan sendiri. Ada katup yang tinggal di buka untuk bersihkan filter. Nexus filter sendiri sudah dapat dibuktikan merajai pasar filter kolam koi sepanjang 8 th.
Nexus Easy Pod 



Nexus Easy Pod, Filter Untuk Kolam Mini
Jenis filter ini adalah filter untuk kolam memiliki ukuran kecil serta tentu harga yang lebih murah. Easy Pod adalah paduan filter mekanis serta biologis dalam satu paket. Easy Pod terbagi dalam Setlement vortex, stainless steel basket untuk menjebak partikel saat sebelum pada akhirnya masuk ruangan filter biologis. Nexus Easy Pod dilengkapi juga dengan pompa air Airtech serta UV lamp 18 watt. Filter ini pas untuk kolam taman dengan volume 20000 liter atau kolam koi dengan volume 10000 liter air. Nexus Easy Pod juga jadi filter pilihan untuk kolam karantina.


Pada seri filter kolam ini, Nexus 210/310 masih tetap memadukan pada filter mekanis serta biologis dalam satu paket. Dua manfaat filter ini digabungkan lewat cara yang cukp cerdik hingga membuahkan system filtrasi yang cukup efisien. Nexus 210 dapat dipasang pada kolam dengan volume 18, 000 litres sedang untuk Nexus 310 dapat dipakai pada kolam koi dengan volume optimal 34, 000 liter. Untuk flow rate pada Nexus Eazy 210 dapat meraih 10. 000 liter per jam sedang Nexus Eazy 310 13. 000 liter per jam. 




Nexus 210/310 Filter Kolam Mudah Perawatan 

4. Sumber Oksigen untuk Kolam Koi 

5. Ukuran Kolam Koi, tempat yang ada janganlah dialokasikan seluruhnya untuk kolam koi namun sisakan 30% untuk ruangan filter. Cocokkan juga dengan jumlah ikan, ukuran ikan yang bakal dipelihara. Pikirkan baik-baik apabila bakal bangun kolam koi dengan ukuran besar lantaran dalam operasional bakal membutuhkan daya pompa yang besar serta cost perawatan yang semakin besar juga. 

6. Kedalaman Kolam Koi, idealnya kolam Koi mempunyai kedalaman 2 mtr. atau bila tidak  nemungkin cuku dengan 1 m.. Dengan kedalaman ini suhu pada kolam koi pada siang serta malam tak alami ketidaksamaan yang drastis. Pergantian suhu yang mencolok kurang baik untuk Koi. Koi mesti senantiasa menyesuaikan dengan pergantian lingkungan. Kolam yang dalam condong bikin perkembangan Koi lebih cepat serta bikin koi aman serta nyaman. 

7. Bentuk Kolam 
Pada intinya bentuk kolam yaitu bebas sesuai sama selera, yang butuh jadi catatan bentuk kolam jangan sempat ada sisi yang mati (Death Ruang), yakinkan air senantiasa mengalir dari waterfall ke tiap-tiap penjuru kolam. Sisi kolam yang mati bakal bikin bakteri serta gangang tumbuh serta berkembang ditempat itu. 





8. Pojok Serta dasar kolam 
Usahakan sisi pertemuan antar segi kolam melengkung serta hindari pojok 90 derajat, untuk menghindari dari ruang mati. Sisi dasar kolam janganlah di buat rata, buat sisi paling tengah (Botom Drain) lebih dalam serta sisi pinggir ke arah tengah miring 20 hingga 40 derajat. Kotoran ikan serta sisa-sisa makanan bakal mengendap di bagian dasar kolam dengan dibuat miring akan membuat kotoran terkumpul serta gampang dibikin bersih. 

9. Janganlah menyimpan material serta benda Tajam pada Kolam Koi, umpamanya batuan juga sebagai hiasan, semen yg tidak halus pengaciannya. Gerakan Koi kadang-kadang sangt atraktif material ini dapat melukai serta membahayakan koi. 

10. Pipa Pralon Untuk memberikan Air. Air terjun, system filter, penguapan air bakal kurangi jumlah air dalam kolam, buat persiapan pipa pralon untuk memberikan air dengan gampang dari sumur atau PAM. 

11. Overflow, Siapkan lubang pembuangan untuk menghadapi bila air meluap, umpamanya lantaran hujan. 

12. Bottom Drain, lubang pembuangan di bagian dasar kolam untuk bersihkan kolam


Demikianlah artikel dari blog akuriumhiasku yang pada kesempatan kali ini membahas tentang Tips Cara Membuat Kolam Koi Bersih dan Sehat, Untuk artikel menarik lainya kunjungi blog akuariumhiasku


Referensi  :
http://retail.water-decor.com/