Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Ikan Hias Rasbora Brigittae

Mengenal Ikan Hias Rasbora Brigittae Ikan Rasbora Brigittae adalah endemik barat daya pulau Borneo walau catatan yang sedikit. diketemukan banyak di daerah Banjarmasin, suatu kota pelabuhan di propinsi Kalimantan Selatan, Indonesia Kalsel). Menempati sungai blackwater serta kolam yang berkenaan dengan rimba rawa gambut. Air nya berwarna kecokelatan lantaran pelepasan tanin serta bahan kimia lain yang keluar dengan menguraikan bahan organik serta dengan substrat daun-daun jatuh, ranting serta cabang yang menyebar. 

Mengenal Ikan Hias Rasbora Brigittae


Lingkungan seperti ini dengan cara khas memiliki kandungan air yang sangatlah lembut, pH serendah 4,0 serta sinar yang seringkali remang-remang lantaran kanopi rimba di atasnya serta vegetasi yang padat. Di beberapa besar Asia Tenggara lokasi biotopes yang bernilai seperti ini mulai ada dibawah ancaman dari perkebunan kelapa sawit serta karet, pembangunan gedung-gedung serta aktivitas manusia yang lain. 
Ikan Rasbora bakal terasa nyaman jika dipelihara dalam aquarium yang ditanami tanaman serta adalah pilihan yang sangatlah baik untuk set-up aquascape. Menambahkan sebagian tanaman mengambang serta akar kayu apung atau cabang kayu untuk meredakan sinar yang masuk tangki penting juga untuk membuat ikan terasa lebih nyaman. 

Mengenal Ikan Hias Rasbora Brigittae


Filtrasi dapat memakai arus yang umum karena mereka berasal dari arus lambat yang tenang. jika diberikan arus yang kuat akan membuat ikan ini bakal berjuang lebih keras untuk berenang. 

Seperti spesies Boraras yang lain, ikan ini adalah micropredator seperti serangga kecil, cacing, krustasea serta zooplankton yang lain di alam. Di akuarium, ikan rasbora brigittae bakal terima makanan kering kecil yang sesuai sama ukuran mulutnya. 

Spesies ini sangatlah damai tetapi sifatnya agak pemalu. Ikan ini bakal lakukan yang paling baik saat dipelihara sendiri atau mungkin dengan spesies kecil yang lain seperti Microdevario, Sundadanio, Danionella, Eirmotus, Trigonostigma, pygmy Corydoras serta Loricariids kecil seperti Otocinclus. 

rasbora brigittae yaitu spesies bergerombol yang betul-betul mesti disimpan dalam grup sekurang-kurangnya 8-10 ekor. Pelihara ikan yang semakin banyak jadi bakal bikin ikan ini lebih percaya diri serta bakal menaikkan indah aquarium anda. Ikan jantan bakal menghadirkan warna paling baik mereka serta sebagian tingkah laku yang menarik lantaran mereka berkompetisi dengan yang lain untuk menarik perhatian ikan betina.

Demikianlah artikel dari blog akuariumhiasku yang pada kesempatan kali ini membahas tentang Mengenal Ikan Hias Rasbora Brigittae semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan anda seputar dunia ikan hias.