Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Ikan Hias Black Neon Tetra

Mengenal Ikan Hias Black Neon Tetra Black Neon Tetra (Hyphessobrycon herbertaxelrodi) merupakan ikan hias air tawar dari keluarga characin (keluarga Characidae) order Characiformes. Ikan ini berasal dari Paraguay basin Brasil selatan. 

Keterangan Fisik Black Neon Tetra



Penampilan khas Spesies ini adalah tampilan tetra yang memanjang khas yaitu warna dasar polos namun dengan dua perbedaan pada garis-garis memanjang yang berdekatan, putih diatas hitam. mempunyai mata yang tipis namun khas pita warna dibagian atas, merah diatas kuning. Tumbuh dengan panjang keseluruhnya yang bisa mencapai sekitar 4 cm. 

Makanan alami ikan terbagi dalam invertebrata kecil serta tanaman. 
H. herbertaxelrodi biasanya disimpan juga sebagai ikan akuarium oleh penggemar ikan khususnya penggemar aquascape. 
Hitam neon tetra terkadang dimaksud tetra hitam, namun nama itu lebih pas merujuk pada spesies yang bereda yaiut, Gymnocorymbus ternetzi. 

Mengenal Ikan Hias Black Neon Tetra


Dalam Akuarium 
Tetras neon hitam mesti disimpan di air asam yang lembut, yang perlu terus bersih setiap waktu. Tank akuarium mereka mesti diisi tanaman hidup, substrat gelap serta air terbuka untuk berenang. Neons hitam mesti disimpan dalam kelompok yang berjumlah sekurang-kurangnya 4-6 ekor. 
The Black neon tetra memerlukan keadaan akuarium pH 5 - 7 dH Suhu 20 - 26 ° C/68-80 ° F 



Ikan ini berenang di tingkat atas akuarium atau permukaan air akuarium, serta tak mencari makan dari dasar akuarium. Oleh karenanya disarankan mereka disimpan bersama dengan ikan yang suka tinggal dasar akuarium seperti Corydoras kerdil hingga sisa-sisa makanan yang telah berlalu bisa dikonsumsi oleh ikan itu dan menjaga substrat agar tidak rusak. 

Tetra neon hitam bisa di beri makan dengan beragam makanan, termasuk juga sentrat. Makanan hidup kecil seperti cacing serta udang air asin juga direferensikan buat mereka juga sebagai pemacu keluarnya warna ikan. 



Perawatan serta Reproduksi 
Tetras neon hitam bisa melahirkan lebih gampang bila kwalitasnya air yang pas. Saat sebelum berusaha untuk berkembang biak neon tetra hitam periksa keadaan calon induk dengan makanan yang baik. Ikan dengan umur sekitar setahun yang pas untuk pembibitan. Type kelamin ikan bisa ditetapkan dengan bentuk badannya, betina yang memiliki badan yang lebih besar dari pada jantanya.

Walaupun sebenarnya neon tetra hitam bisa disimpan di air keras serta lebih basa dari habitat aslinya, untuk pembibitan sangat dibutuhkan untuk lebih dekat dengan apa yang mendekati dengan habitat aslinya di Amazon. Breeding neon tetra hitam memerlukan air asam dengan tidak lebih dari empat derajat kekerasan.

Demikianlah artikel dari blog akuariumhiasku yang pada kesempatan kali ini membahas tentang Mengenal Ikan Hias Black Neon Tetra, semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan anda seputar ikan hias neon tetra dan juga bisa manambah pengetahuan tentang budidaya ikan hias neon tetra.