Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Kolam Ikan di Rumah

Cara Merawat Kolam Ikan Rumah (akuariumhiasku) | Membuat cantik rumah tak hanya dengan tanaman hias, bisa juga di tambahkan dengan membuat kolam ikan juga, apabila mungkin dengan membuat kolam ikan hias baik di depan rumah, belakang rumah atau barangkali saja ada didalam rumah. Untuk anda yang telah mempunyai kolam ikan hias atau yang baru merencanakan bikin kolam ikan hias ada baiknya melihat panduan langkah menjaga kolam ikan di rumah seperti diterangkan di bawah ini :



  1. Pertahankan mutu air yang baik serta mengelola pasokan air dengan cara teratur yaitu langkah praktis paling umum menjaga kolam serta ekosistemnya terus terjaga. 
  2. Pikirkan jumlah ikan dalam kolam dan berapakah porsi tanaman yang ditambahkan dalam kolam. Baiknya mereka sesuai dengan kemampuan filtrasi kolam. 
  3. Hitungannya seputar 5 cm ikan per 30 cm persegi luas permukaan kolam. 
  4. Tak hanya jumlah, pikirkan type serta kecepatan ikan berkembang biak. Apabila butuh, imbuhkan ikan baru dengan cara bertahap saja. 



Kolam dengan ikan baiknya juga diberikan tanaman sekurang-kurangnya 1/2 permukaan kolam. Tanaman ini bisa jadi tempat bersembunyi dari predator serta berteduh.
Dengan cara teratur cermati kesehatan ikan dengan lihat siripnya apakah seluruhnya tegak serta berpenampilan baik.
Selama musim panas, uji mutu air yaitu PH air pada 6, 5 sampai 7, juga ketinggian air kolam yang gampang menguap. Cermati juga saat ganggang mulai nampak lantaran bisa mengganggu ekosistem kolam. Sedang pada musim penghujan, kerjakan pembersihan kolam dengan cara berkala dengan menggosok sisi-sisi kolam tanpa sabun.
Janganlah lupa bersihkan filter serta pompa dan memeriksa selang dari kemungkian kebocoran.
Lakukan pemangkasan tanaman pinggiran serta kurangi gulma dengan cara berkala.