Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Hias Forktail Rainbowfish



Ikan Hias Fork Tail Rainbow (akuariumhiasku) | Yaitu ikan kelompok rainbowfish memiliki ukuran mungil dengan habitat asli di perairan dataran rendah papua nugini. habitat asli ditemukan pada sungai pada dyke ackland dan collingwood bays terhitung sungai peria yakni anak sungai kwagira (papua nugini samping timur) dan sungai lembah musa, safia papua nugini. umumnya, habitatnya berupa sungai rimba hujan tropis yang bersih, berarus cukup deras dan memiliki vegetasi air yang melimpah. kondisi air yang dilaporkan di habitat aslinya yakni memiliki suhu 24-28, 50c, ph 7-8 dan kesadahan 90-180 ppm. ikan yang juga di kenal dengan yellow froktail ini tercatat di dalam iucn red daftar of threatened species dengan status “resiko rendah : kurang perhatian”.



Ikan froktail rainbow mendapatkan namanya dari bentuk ekornya yang bercabang mirip fork (garpu/garpu tala). badan ikan dewasa mungil hanya kurang lebih 5-6 cm. ikan mempunyai dua sirip dada yang dipisahkan oleh celah kecil. sirip dada yang pertama lebih kecil dibanding sirip dada ke-2. warna badan ikan berwarna kuning kehijauan baik jantan maupun betina. pada ikan jantan mempunyai sirip punggung dan anal berwarna transparan dengan garis pinggiran tipis berwarna kuning. Ikan memiliki sisik badan berwarna sedikit gelap dibagian tepi. mata ikan berwarna biru sampai sering juga disebut dengan froktail blue eye.



Untuk membedakan pada ikan jantan dan betina cukup gampang yakni ikan jantan bisa mempunyai warna yang lebih mencolok dan sirip punggung yang lebih panjang. dengan fisik, ikan ini sama dengan spesies popondentta rainbowfish (pseudomugil conniea), yang membedakan yakni tidak ada garis hitam pada sirip punggung dan anal serta pinggiran sirip yang berwarna kuning terlebih putih. Ikan ini dahulu di kenal dengan popondentta furcatus, dimana nama diperoleh dari nama tempat area ikan ditemukan di papua nugini, namun nama itu ditinggalkan karena ikan kembali dimasukkan ke di dalam genus pseudomugil yang berarti mata biru pada th. 1989. ikan mungil ini bisa bertahan hidup sampai usia tiga thn..

Ikan froktail rainbow sangat cocok jika ditempatkan di dalam aquascape karena bentuk dan warna ikan yang eksotik. ukuran tangki minimum yang digunakan untuk pemeliharaan yakni 45cm kali 30cm kali 30 cm atau kurang lebih 40 liter air. Ikan ini yakni jenis pendamai dan gampang dipelihara. ukurannya yang kecil buat dia cocok dipadukan dengan ikan pendamai lain yang memiliki ukuran sama, seperti danio, live barrier dan group tetra.



Ikan froktail rainbow lebih baik apabila dipelihara di dalam group umumnya ikan kecil yang lain dengan jumlah minimum enam ekor. set up tangki dengan design yang mirip habitat asli yakni berarus cukup deras dan banyak tanaman untuk bersembunyi bisa buat ikan tambah nyaman. tangki harus dijaga selalu kebersihannya ubah air masing-masing minggu dan system filtrasi yang selalu dikontrol. jenis rainbowfish ini terhitung spesies yang gampang terkena penyakit “oodinium”, karantina selekasnya apabila ikan perlihatkan gejalan atau sudah terinfeksi penyakit ini.

Ikan froktail rainbowfish berupa omnivora. jenis makanan yang pas seperti pakan pellet atau granul kecil. untuk menaikkan mutu ikan, maka perlu di beri makanan seperti brine shrimpe, daphnia dan larva serangga baik hidup, beku maupun kering. variasi jenis makanan sangat diperlukan ikan membuat perlindungan kesehatan ikan.