Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Ikan Hiu Paus

Mengenal Ikan Hiu Paus (akuariumhiasku) | Hiu paus yaitu hiu paling besar serta ikan paling besar didunia. Hiu ini dimaksud hiu paus lantaran ukuran badannya yang sangatlah besar serta bentuk kepalanya tumpul serupa paus. Walau ikan ini namanya hiu paus, ikan ini tak menakutkan lantaran makanan intinya yaitu plankton.


Hiu paus diperkirakan ada sejak 60 juta tahun lalu. Ia mampu hidup sampai umur 150 tahun dengan panjang hingga 14 meter. Hiu yang dijuluki hiu bodoh,  karena jinak dan tidak agresif, memasuki usia subur pada umur 30 tahun. Reproduksinya relatif lambat dibandingkan dengan ikan lain. TNTC mencatat, tahun 2011, ada sekitar 40 hiu paus di perairan Teluk Cendrawasih.

Anatomi
Hiu paus memiliki ukuran panjang sampai 14 m. dengan berat mencapai 15 ton. Ukuran rata-rata yaitu 7,5 m. Seperti umumnya hiu, ikan hiu paus betina lebih besar dari hiu paus jantan.
Hiu paus mempunyai mulut besar yang lebarnya dapat hingga 1,4m. Mulutnya ada di ujung moncongnya, bukanlah di bagian bawah kepala seperti ikan hiu biasanya. Ia mempunyai kepala, lebar datar, moncong bulat, mata kecil, 5 celah insang yang sangatlah besar, 2 sirip punggung, serta 2 sirip dada (di sisi-sisinya). Hiu paus mempunyai 3. 000 gigi yang sangatlah kecil namun tidak sering dipakai. Hiu paus adalah penyaring makanan (filter feeder) memakai insangnya yang besar.
Ekornya mempunyai sirip sisi atas tambah lebih besar dari pada sirip sirip sisi bawah.
Hiu paus mempunyai warna badan dengan corak khas yakni berbintik serta bergaris kuning muda dengan pola acak pada kulitnya yang berwarna abu-abu tua. Kulitnya cukup tebal dan bisa mencapai 10cm.

Habitat
Hiu paus hidup di laut air hangat (dekat khatulistiwa) baik di selama pantai serta di laut lepas. Mereka menggunakan sebagian besar waktu di dekat permukaan. Hiu paus diketemukan di semua dunia di lautan hangat dari khatulistiwa ke lintang seputar ° ± 30-40. Tetapi hiu ini tak diketemukan di Laut Mediterania.

Makanan 
Hiu paus yaitu karnivora (pemakan hewan). Hiu paus yaitu “filter feeder” yang menyaring hewan kecil dari air. Waktu berenang ikan ini buka lebar mulutnya serta menyedot air dalam jumlah besar tersebut hewan-hewan kecil didalamnya serta melupakan air itu lewat jaringan sepon pada insangnya yang besar. Sesudah tutup mulutnya, hiu ini memakai alat penyapu insang yang menyaring makanan dari air. Apa pun yang tersangkut di insang bakal ditelan. Penyapu insang yang mempunyai susunan dengan beberapa ribu berbulu dengan panjang seputar 10 cm, ada didalam mulutnya berperan juga sebagai perangkap hewan-hewan kecil yangkemudian ditelannya. Air dikeluarkan dari mulut lewat insangnya. Mangsanya terbagi dalam plankton, krill (sejenis krustacea kecil serupa udang), ikan-ikan kecil, serta cumi-cumi.



Perilaku 
Hiu paus yaitu hewan soliter (sukai menyendiri). Grup ikan hiu paus tidak sering tampak. Hiu paus yaitu perenang yang lamban, dengan kecepatan tak kian lebih 5 km/jam. Ikan ini berenang dengan menggerakkan semua badan dari segi ke segi (bukan sekedar memercayakan ekornya, seperti pada sebagian type hiu). Ikan hiu paus tak berahaya untuk manusia, ikan ini bahkan juga tak acuh pada penyelam yang menyentuh atau menungganginya.

Reproduksi (Perkembangbiakan) 
Hiu paus betina siap kawin waktu berusia 30 th.. Ikan ini berkembang biak lewat cara beranak (vivivar). Hiu melahirkan banyak anak dalam sekali saat kehamilan. Bayi hiu paus lahir dengan panjang seputar 60 cm. Diprediksikan hewan ini bisa hidup di laut pada 100 hingga 150 th..

Populasi 
Ikan paus hiu makin langka serta termasuk juga hewan yang terancam punah. Ikan ini di banyak wilayah di Asia seperti di Filipina, Taiwan serta India diburu oleh nelayan setempat, walau sudah dilindungi oleh undang-undang.

Taksonomi 
Klasifikasi ilmiah hiu paus yaitu seperti berikut :
Kerajaan : Animalia, Filum : Chordata, Sub-Filum : Vertebrata, Kelas : Chondrichthyes, Sub-Kelas : Elasmobranchii, Ordo : Orectolobiformes, Famili : Rhincodontidae, Genus : Rhincodon, Species : typus.